23.4 C
Indonesia

Walkot Serang Beri Rekomendasi Untuk Terima Siswa di SMAN 1 Kota Serang, Begini Penjelasannya

Must read

SERANG – Foto yang menunjukkan sebuah “surat rekomendasi” dari Wali Kota Serang Syafrudin kepada SMAN 1 Kota Serang beredar di dunia maya.

Dalam surat tersebut, Syafrudin merekomendasikan seseorang untuk dapat diterima sebagai murid di sekolah favorit itu.

“Untuk dapat dibantu masuk ke SMAN 1 Kota Serang dalam seleksi penerimaan siswa baru yang sedang diselenggarakan,” demikian bunyi surat tersebut.

Dilengkapi dengan kop surat yang mencantumkan logo burung garuda dan tanda tangan basah, surat itu dapat dipastikan memiliki intensi resmi dan asli.

Dari foto yang beredar pula, diketahui bahwa surat ditandatangani pada 20 Juni 2022, atau bertepatan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 di Provinsi Banten.

Sementara itu, caption yang menyertai foto tersebut menggiring opini pada kemungkinan adanya kecurangan dalam PPDB kali ini. Caption tersebut berbunyi, “Jalur zonasi ✖️ Jalur orang dalam ✔️”.

Hingga berita ini ditulis, banyak netizen yang masih meninggalkan komentar senada di salah satu akun yang mengunggah foto tersebut, yaitu akun @tangsel_update di Instagram.

Ini yang namanya rekomendasi…hehehe. Kebetulan ketahuan aja. Bukan yang pertama dan bukan yang terakhir pastinya.” tulis @ora*******.

Padahal Tinggal Calling atau WhatsApp aja. Gak perlu pake surat.,” tulis @m.a********.

Looooohh kalo gak salah jargonnya Banten bersih,” tulis @rid****.

Respons wali kota

Ditemui wartawan hari ini, Selasa (28/6), Syafrudin membenarkan fakta bahwa ia telah mengirim surat rekomendasi tersebut. Surat itu diklaimnya sebagai bentuk bantuan bagi warganya yang kurang mampu.

“Orang namanya mau sekolah itu harus dibantu, namanya sekolah, bukan praktik [titip] itu mah, bukan. Namanya mau sekolah, siapapun kalau bisa dibantu,” jelasnya.

Syafrudin juga membantah bahwa bantuan tersebut diberikan kepada keluarga pejabat di sekitarnya.

“Untuk warga Kota Serang, iya warga biasa, ada tukang ojek, tukang becak, orang tidak mampu. Bukan pejabat, bukan,” pungkasnya.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru