27.4 C
Indonesia

Simak Waktu dan Tempat Yang Cocok Untuk Menyaksikan Mekarnya Bunga Sakura Tahun 2023 Ini

Must read

JEPANG – Jepang selalu punya sesuatu yang menarik untuk ditawarkan kepada setiap pelancongnya.

Dalam waktu dekat, pengalaman menyaksikan bunga sakura yang mekar dengan cantik adalah yang mereka promosikan.

Menyemarakkan momen itu, Badan Meteorologi Jepang (JMC) pada 26 Januari lalu merilis prakiraan waktu berbunga dan mekarnya bunga-bunga sakura di sekitar seribu lokasi pengamatan di seluruh negeri itu.

Hal itu tentu dapat menjadi panduan bagi pelancong, baik yang berasal dari negeri itu sendiri maupun dari luar negeri, dalam menyusun jadwal perjalanan agar tidak ketinggalan menyaksikannya.

Melansir CNA, prakiraan itu menyebut bahwa berbunganya bunga sakura pertama kali akan terlihat di Tokyo, tepatnya pada 21 Maret dengan mekar penuh pada 29 Maret.

Untuk kota-kota besar seperti Kyoto dan Osaka, bunga sakura diperkirakan akan mulai berbunga pada 27 dan 28 Maret di masing-masing kota.

Sementara itu, tanggal 4 April diperkirakan menjadi tanggal mekar penuhnya bunga itu di kedua kota tersebut.

Bagi Anda yang ingin menyaksikannya di Sapporo, ibu kota Prefektur Hokkaido, sebaiknya Anda bersiap untuk menunggu agak lebih lama.

Pasalnya, prakiraan itu menyebutkan bahwa bunga sakura di kawasan ini baru akan mulai berbunga pada 29 April dan mekar penuh pada 2 Mei.

“Tanggal berbunga dan mekar penuh bunga sakura bergantung pada pola suhu dari musim gugur tahun sebelumnya,” tulis JMC di laman resminya.

”Tunas bunga sakura terbentuk selama musim panas tahun sebelumnya,” tambah badan itu.

Menurut JMC, proses mekar bunga hingga memunculkan warna merah muda harus melalui dua proses, yaitu dormansi dan pertumbuhan, sebelum berbunga sepenuhnya.

Badan itu juga menjelaskan bahwa perkiraan tanggal berbunga dan mekar penuh untuk bunga sakura didasarkan pada suhu rendah selama musim gugur dan musim dingin.

Status pertumbuhan pohon sakura, suhu kumulatif, dan data masa lalu untuk setiap area juga menjadi dasar penentuan prakiraan tersebut.

Adapun update terbaru mengenai perkiraan ini akan dirilis oleh JMC pekan ini, Kamis (9/2).

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru