22.4 C
Indonesia

Lukisan “Femme A La Montre” Pablo Picasso Terjual Seharga Rp2,1 Triliun

Must read

NEW YORK – Sebuah lukisan yang menampilkan “inspirasi emas” Pablo Picasso terjual dengan harga £114 juta (sekitar Rp2,1 triliun) dalam acara lelang yang diadakan di New York, Amerika Serikat, Rabu (8/11).

“Femme A La Montre” merupakan karya yang dibuat sang seniman pada tahun 1932, yang menggambarkan sosok kekasih dan inspirasinya, Marie-Therese Walter.

Melansir BBC, karya tersebut telah menyentuh nilai $120 juta (skeitar £97 juta atau Rp1,8 triliun) bahkan sebelum dilelang.

Lukisan itu sebelumnya dimiliki oleh mendiang kolektor seni Emily Fisher Landau, yang membelinya pada tahun 1968, dan telah dibeli oleh pembeli yang tidak disebutkan namanya.

Diberitakan oleh Sky News, Picasso telah menginjak usia 45 tahun ketika bertemu Walter yang berusia 17 tahun pada tahun 1927.

Ia mendekati Walter selama pertemuan tersebut, memperkenalkan diri, dan mengatakan keduanya akan melakukan “hal-hal hebat bersama-sama”.

Meskipun saat itu ia telah menikah dengan seorang balerina Rusia-Ukraina bernama Olga Khokhlova, ia tetap melukis serangkaian karya seni pada tahun 1932 yang mengumumkan bahwa Walter adalah bagian dari hidupnya.

“Femme A La Montre” kemudian menjadi karya termahal kedua Picasso yang dijual dalam acara lelang.

“Les Femmes D’Alger”, lukisan cat minyak yang dibuatnya pada tahun 1955, terjual seharga $179,4 juta (£146 juta atau sekitar Rp2,8 triliun) pada tahun 2015.

Lahir di Malaga pada tahun 1881 dan besar di Barcelona, Picasso pindah ke Paris pada tahun 1904 dan menjadi salah satu seniman terpenting abad ke-20.

Ia bereksperimen dengan berbagai gaya dan tema dalam karirnya, terutama menginspirasi “kubisme”, yang menampilkan objek atau orang dari berbagai sudut pada saat yang bersamaan.

Dalam kariernya selama delapan dekade, ia menciptakan sekitar 150.000 karya.

Ia memiliki empat anak dan meninggal di Prancis selatan pada tahun 1973, dalam usia 92 tahun.

Meskipun warisan kreatifnya tidak pernah diragukan, beberapa tahun terakhir muncul pertanyaan mengenai perilakunya. Ia dituduh melakukan kekejaman, main perempuan, dan perilaku pemaksaan.

 

Baca juga: Lukisan “Dame Mit Facher” Akan Dilelang, Diperkirakan Capai Rp1 Triliun
spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru