24.4 C
Indonesia

Kementerian Keuangan Siap Terapkan Cukai MBDK Tahun Ini

Must read

JAKARTA – Aturan terkait pemungutan cukai dari minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) tampaknya makin mantap untuk diterapkan di Indonesia.

Hal ini menyusul pernyataan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan yang mengatakan bahwa perumusan dan pembahasan aturan tersebut terus dilakukan.

Tak hanya itu. Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani bahkan menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan mendukung aturan cukai MBDK untuk diterapkan mulai tahun ini.

“Dapat kami sampaikan memang Menkes sangat men-support implementasi [cukai] MBDK pada 2024,” ujarnya dalam konferensi pers APBN KiTa, Kamis (22/2).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pihaknya dan Badan Kebijakan Fiskal sudah melakukan koordinasi dengan lintas kementerian/lembaga untuk mempersiapkan regulasi dan review kebijakan MBDK.

Pelaksanaan pengenaan cukai MBDK, katanya, akan diumumkan oleh pemerintah setelah regulasi tersebut rampung dirumuskan. Oleh sebab itu, ia mengaku belum dapat bicara banyak untuk saat ini.

Adapun salah satu langkah perumusan regulasi adalah membahasnya dengan badan legislatif. Dalam hal ini, pemerintah akan membahasnya dengan Komisi XI DPR RI.

Setelah tahap itu baru kemudian pemerintah bisa mengumumkan mengenai kenaikan tersebut pada waktunya,” ucap Askolani.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Kesehatan pada akhir Januari lalu memastikan aturan terkait cukai pada MBDK akan diterapkan tahun ini.

Hadirnya aturan tersebut diharapkan dapat menekan angka penyakit tidak menular seperti diabetes, jantung, dan stroke.

Penyakit-penyakit seperti itu umumnya berawal dari pola hidup tidak sehat–termasuk kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula.

“Ini kami akan eksekusi sesegera mungkin. Nggak ada kendala sebenarnya, disahkan tahun ini, sudah diserahkan,” Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksoso Harbuwono.

“Segera disahkan kalau sudah ditandatangani, karena kajian akademisnya sudah kami buat,” sambungnya.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru