24.4 C
Indonesia

Kemenhub Imbau Masyarakat Tidak Beli Tiket Mudik Gratis Yang Dijual Calo

Must read

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat untuk tidak membeli tiket mudik gratis yang dijual oleh calo.

Pasalnya, akan ada proses verifikasi ulang sebelum keberangkatan yang memastikan data pemilik tiket cocok dengan data diri individu yang melakukan mudik.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugianto, menyebut bahwa masyarakat tidak akan bisa ikut mudik gratis jika kedua data tersebut berbeda.

Nanti akan dilakukan pencocokan nama dan NIK yang tertera pada tiket mudik gratis melalui pemeriksaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) para peserta saat Hari H keberangkatan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (1/4).

Pernyataan ini muncul setelah marak upaya penjualan tiket mudik gratis moda bus oleh calo di media sosial.

Hendro mengatakan, jual-beli tersebut dapat mengambil kesempatan orang lain yang benar-benar membutuhkan tiket untuk pulang ke kampung halaman dengan gratis.

“Kementerian Perhubungan sangat menyayangkan kejadian ini. Mudik gratis bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar bisa mudik lebih aman, selamat, nyaman dan tentunya tanpa biaya. Kami meminta agar masyarakat tidak memperjual belikan tiket mudik gratis,” jelasnya.

Di sisi lain, ia mengingatkan masyarakat yang serius mengikuti program Mudik Gratis 2024 untuk segera melakukan validasi ulang pada posko-posko yang telah disediakan agar mendapatkan tiket fisik.

Peserta program ini juga diharapkan untuk dapat mengonfirmasi keberangkatannya apabila terdaftar di lebih dari dua program yang berbeda.

“Kementerian Perhubungan akan terus mengawal dan mengawasi apabila terjadi hal-hal yang tidak semestinya pada program Mudik Gratis 2024 ini demi keselamatan dan keamanan bersama,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kuota program Mudik Gratis 2024 dapat dicek secara berkala melalui aplikasi MitraDarat.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru