27.4 C
Indonesia

CNN Rilis 20 Makanan Pedas Terbaik di Dunia, Ada dari Indonesia?

Must read

JAKARTA – Makanan bercita rasa pedas punya daya tarik tersendiri yang memikat hati semua orang.

Tak jarang, beberapa orang yang terpikat akan dibuat kewalahan dengan tingkat kepedasan yang dimiliki makanan tersebut, merasa tidak sanggup, bahkan menyerah.

Meskipun begitu, tak jarang juga mereka pada akhirnya menyantap habis makanan tersebut karena merasa ketagihan bahkan tertantang.

Melansir CNN, cita rasa pedas yang hadir di makanan-makanan dari seluruh dunia berasal dari berbagai bahan. Mulai dari cabai, paprika, habaneros, hingga Scotch bonnet.

Penulis India Saurav Dutt mengatakan, kelompok pemburu-pengumpul secara historis memanfaatkan berbagai bahan liar untuk membumbui makanan mereka.

“Makanan pedas, atau setidaknya makanan berbumbu, jelas sudah sangat lama mendahului gagasan tentang negara dan masakannya,” kata Dutt, yang sedang menulis buku tentang makanan paling pedas di anak benua India.

“Setiap bahan pedas memiliki nenek moyang yang liar,” katanya. “Jahe, lobak pedas, sawi, cabai, dan sebagainya mempunyai pendahulu yang menyebabkan mereka didomestikasi.”

Dari begitu makanan pedas yang ada, dua makanan Indonesia termasuk ke dalam daftar 20 makanan pedas terbaik di dunia versi CNN.

Kedua makanan tersebut adalah ayam betutu dan rendang.

“Populer di pulau Bali dan Lombok, khususnya, hidangan ayam utuh ini diisi dengan pasta rempah yang sangat aromatik (betutu) yang biasanya mencakup tumbukan cabai segar, lengkuas (akar yang berhubungan dengan jahe), kemiri, bawang merah, bawang putih, kunyit dan terasi, serta bahan lainnya,” tulis outlet tersebut tentang ayam betutu.

“Ayamnya kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus, sehingga aromanya semakin keluar dan rasa ayamnya maksimal.

Lebih lanjut, CNN mengatakan bahwa ayam betutu paling enak disantap bersama dengan yang lain, mengingat sajian ini sering disajikan pada upacara keagamaan.

Meskipun begitu, siapa pun juga bisa menemukannya di restoran-restoran yang khusus menyajikannya, yang tersebar di seluruh pulau.

Adapun untuk rendang, hidangan berbahan dasar daging sapi ini disebut sebagai “favorit pedas yang berasal dari Sumatera Barat” yang juga dinikmati di sejumlah negara tetangga Indonesia seperti Malaysia, Brunei, dan Filipina.

“Hidangan kari kering beraroma ini menggunakan daun jeruk purut, santan, adas bintang, dan cabai merah, serta rempah-rempah lainnya, untuk menghadirkan kerumitannya. Ini sering disajikan kepada tamu dan disajikan selama acara perayaan,” tulis CNN.

Ke-18 makanan pedas terbaik di dunia versi CNN lainnya adalah sup egusi (Nigeria), hotpot Sichuan (China), som tam (Thailand), ayam piri-piri (Mozambik dan Angola), perut babi rebus Ketua Mao (China), dan jerk ayam/babi (Jamaika).

Ada juga buffalo sayap ayam (Amerika Serikat), aguachiles udang (Meksiko), pad ka prao (Thailand), dakdoritang (Korea Selatan), dan kari phaal (Inggris–lewat Bangladesh).

Terakhir, ada penne all’arrabbiata (Italia), chettinad ayam (India), doro wat (Etiopia), mapo tofu (China), vindaloo (India), mafe (Senegal), dan chili Amerika (Amerika Serikat).

SourceCNN
spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru