22.4 C
Indonesia

Beruang Roh Tertangkap Kamera Berjalan-Jalan di Michigan Untuk Pertama Kalinya

Must read

MICHIGAN – Seekor beruang hitam dengan bulu putih, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘beruang roh’, baru-baru ini didapati tengah berjalan-jalan menikmati waktunya di Semenanjung Hulu, negara bagian Michigan, Amerika Serikat.

Menurut M Live, penampakan hewan super langka itu pertama kali diketahui oleh seorang pejalan kaki yang mendapatkan fotonya dari kamera yang terpasang di jalur satwa liar di bagian barat kawasan tersebut.

Kamera itu memang menjalankan fitur yang dapat mengambil gambar secara otomatis ketika mendeteksi adanya pergerakan di depannya.

Pejabat satwa liar mengatakan bahwa ini adalah kali pertama beruang itu ditemukan di Michigan, membuat kemunculannya menjadi lebih spesial.

Pasalnya, kebanyakan mamalia ini diketahui tinggal di sepanjang pantai hutan hujan Provinsi British Columbia, Kanada–sekitar 3130 km jauhnya dari Michigan.

M Live juga mencatat bahwa ini adalah kelima kalinya beruang putih ditemukan di luar wilayah British Columbia.

Tidak seperti makhluk albino, munculnya bulu putih pada spesies beruang hitam disebabkan oleh kemungkinan yang sangat jarang.

Yaitu ketika kedua orang tua satwa tersebut berkembang biak dan menciptakan gen resesif untuk bulu putih.

Peneliti beruang terkenal Lynn Rogers dari Wildlife Research Institute di Minnesota mengatakan bahwa ada beberapa gen untuk permasalahan ini.

“Ini adalah gen resesif ganda. Dan jika ada lebih sedikit gen di sini, akan jarang Anda mendapatkan kombinasi resesif ganda,” tuturnya.

Spesialis karnivora di Departemen Sumber Daya Alam di Michigan Cody Norton juga mengatakan bahwa, sementara beruang dengan warna berbeda telah ditemukan di daerah tersebut, penampakan baru-baru ini menandai terobosan ilmiah satwa liar.

“Sangat menyenangkan melihat hewan muncul seperti ini di sini daripada di tempat lain. Kami memiliki beberapa fase kemunculan [beruang] warna kayu manis, pirang, dan cokelat di beberapa kamera jejak yang kami gunakan untuk survei, yang juga sangat keren untuk dilihat,” jelasnya kepada Fox 2 Detroit.

“Tapi itu lebih umum pada populasi beruang. Putih adalah miliknya sendiri,” imbuhnya.

Petugas satwa liar disebutkan kini tengah mengawasi jenis beruang yang terkenal sulit ditangkap untuk melindunginya dari pemburu selama musim berburu, yang akan berakhir pada 14 Oktober nanti.

Menurut The Guardian, masyarakat adat telah merahasiakan keberadaan beruang putih sejak abad ke-19 untuk mencegah pedagang bulu menguasai mereka.

Beruang roh atau kermode ini juga dianggap keramat oleh masyarakat asli, terutama mereka yang tinggal di Great Bear Rainforest di British Columbia.

Meskipun diperkirakan ada sekitar 100-500 beruang putih yang tersisa, Gitga’at First Nations dan ilmuwan akademis memperkirakan bahwa beruang roh 50 persen lebih langka daripada yang diduga sebelumnya.

Oleh sebab itu, Gitga’at First Nations dan Kitasoo/Xai’xais melarang perburuan beruang hitam di wilayah mereka di Great Bear Rainforest awal tahun ini untuk melindungi makhluk langka tersebut, menurut Rain Coast.

 

Sumber: UNILAD

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru