24.4 C
Indonesia

Anjing Rescue Asal Meksiko Gugur Saat Bertugas Selamatkan Korban Akibat Gempa di Turki

Must read

TURKI – Kisah haru datang dari daratan Turki yang tengah berduka akibat gempa yang mengguncangnya pekan lalu. Seekor anjing penyelamat (rescue) dari Meksiko dinyatakan telah “menyelesaikan tugasnya” di sana.

Anjing ras German shepherd itu bernama Proteo. Ia disebutkan berhasil membantu menyelamatkan dua korban gempa sebelum dirinya sendiri gugur akibat terjebak di reruntuhan yang tiba-tiba jatuh ke atasnya.

Diberitakan oleh Reuters, angkatan darat Meksiko melaporkan bahwa Proteo dinyatakan tak lagi bernyawa pada akhir pekan lalu ketika bertugas di Kota Adiyaman, Turki.

Dalam foto yang beredar di media sosial, tampak Proteo berbaring di bagasi mobil dengan infus yang tertancap di kaki depannya.

Tidak diketahui apakah hewan pemberani itu masih hidup saat itu atau telah tiada, namun tulisan yang disematkan di foto itu berbunyi, “Ia telah menyelesaikan misinya”.

Upacara pemakaman Proteo digelar pada Minggu (12/2), dengan anggota tim penyelamat Meksiko berbaris untuk memberikan penghormatan terakhir.

“Saya ingin mengatakan bahwa saya bangga pada Anda karena Anda selalu kuat, pekerja keras, dan tidak pernah menyerah,” kata pelatih Proteo, Villeda, dalam sebuah video.

“Yang bisa saya lakukan hanyalah berterima kasih karena telah membawa saya ke sini. Sayangnya, Anda tidak akan bisa kembali bersama saya, saya akan selalu mengingat Anda.

“Saya harap seluruh Meksiko akan selalu mengingat Anda, mereka tidak akan pernah melupakan Anda. Kita akan bertemu lagi suatu hari nanti,” sambung Villeda.

Proteo adalah salah satu dari total enam belas ekor anjing pencari dan penyelamat korban yang dikirim pemerintah Meksiko untuk membantu Turki.

Sebelumnya, anjing-anjing itu pernah bertugas mencari korban gempa bumi Meksiko pada tahun 2017.

Mengutip Kompas, anjing penyelamat dilatih untuk menemukan orang yang selamat di bawah reruntuhan.

Mereka mampu mengendus manusia dan memberi tahu pawangnya jika ada korban yang tertimbun di bawah.

Para anjing ini akan menggonggong dan menggaruk tanah yang baunya paling kuat sebagai tanda ada manusia di sana.

Atas meninggalnya Proteo, netizen ramai-ramai mengucapkan terima kasih dan penghormatan untuk anjing itu di media sosial.

Beberapa dari mereka adalah warga setempat yang juga berterima kasih atas kerja keras Proteo dalam membantu negaranya.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru